Senin, 02 Agustus 2010

ARAK-ARAKAN MUSHOLLAH NURUL IMAN

Siang itu, Surya redup yang berselimut awan seakan turut larut dalam alunan shalawat nariyah dari serombongan kaum muslimin Desa Suranenggala Kecamatan Suranenggala Kabupaten Cirebon.

Ada apa gerangan?
Mushollah Nurul Iman yang merupakan awal pembangunan/ bangunan pertama mushollah setelah pemekaran Desa Suranenggala, telah mencapai suatu titik dari tahap-tahap rehabilitasi/ pemugaran, yaitu salah satu implementasi gerakan kultural, atau kita sebut "arak-arakan memoloh."

Arak-arakan memoloh yang dilaksanakan pada hari Rabu di bulan Juni 1997 ini menempuh rute : Desa Suranenggala - Dusun Nenggala Sari - perbatasan Desa Suranenggala & Desa Suranenggala Lor - Dusun Nenggala Indah - perbatasan Desa Suranenggala & Desa Suranenggala Lor - Dusun Nenggala Ayu - perbatasan Desa Suranenggala & Desa Kertasura - Dusun Nenggala Ayu - Dusun Nenggala Mekar - Dusun Nenggala Indah/ Dusun Nenggala Mekar - Dusun Nenggala Mekar - perbatasan Desa Suranenggala & Desa Kertasura - Dusun Nenggala Mekar - Dusun Nenggala Sari.

Setiap wilayah yang dikelilingi arak-arakan memoloh ini, banyak warga sekitar yang turut memberikan sumbangsih dalam bentuk uang dan beras. Arak-arakan memoloh Mushollah Nurul Iman yang berlangsung dari pukul 14.00 sampai 15.50 WIB ini menghasilkan uang sebesar Rp 650.000,- dan beras 90 kg.

Sekitar 150 muslim Desa Suranenggala yang mengarak memoloh Mushollah Nurul Iman ini. Dari orang tua, pemuda dan remaja sampai anak-anak bersuka cita mengarak memoloh Mushollah Nurul Iman. ini merupakan ekspresi rasa antusias dan bentuk syukur warga muslim Desa Suranenggala, khususnya warga Dusun Nenggala Sari akan adanya tempat ibadah di tempatnya.

Prosesi arak-arakan memoloh Mushollah Nurul Iman mencapai puncaknya ketika pada pukul 17.00 memoloh Mushollah Nurul Iman dipasang ditempatnya.

Renovaasi/ pemugaran Mushollah Nurul Iman dimulai pada 1 Muharram 1418H (penghancuran bangunan) dan pembukaan teki/ pemasangan pondasi pada tanggal 8 Muharam 1418 hijriyah.

Peresminan renovasi mushollah nurul iman yang telah mencapai 70 % dilakukan oleh Kepala desa suranenggala, bapak Nurjanah pada malam sabtu, tanggal 18 Juli 1997 berbarengan dengan pengajian umum peringatan maulin nabi Muhammad SAW 1418Hijriyah.

"Kami selaku panitia mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Bapak/ Ibu, kaum muslimin dan muslimat Desa Suranenggala atas partisipasi dan sadakoh jariyahnya. Semoga amal Bapak/ Ibu/ Saudara diterima disisi Allah SWT. Panitia hanya punya bilangan, Tapi Allah SWT yang berhak untuk membalas segala amal baik Bapak/ Ibu/ Saudara."

"Kami tidak melihat besarnya sumbangan/ sodaqoh , tapi kami yang syukuri adalah nilai kepedulian Bapak/ Ibu/ Saudara akan bangunan/ kelangsungan tempat ibadah kita ini. Semoga rasa peduli ini dapat kita pelihara dan kita miliki selamanya. Amin

1 komentar:


  1. salam kenal dari kami, info yang sangat bermanfaat ,mau tau lebih banyak silahkan kunjungi
    TOA Jogja,
    TOA Jogja
    Sirine, dan
    Batu Permata

    BalasHapus