Kamis, 05 Agustus 2010

122 REMAJA IKUTI GELAR AKSI INSAN ISLAMI

KAPETAKAN.- Sedikitnya122 remaja dan anak-anak mengikuti Gelar Aksi Insan Islami "GANIS" yang diselenggarakan Dewan Kemakmuran Masjid "DKM" Nurul Jannah Desa Suranenggala Kecamatan Kapetakan Kabupaten Cirebon, 10-12 Juli lalu.

Ketua DKM Nurul Jannah, Kasanah didampingi Sekretaris, Darkina Indrawijaya kepada Dialog mengatakan, Ganis digelar dalam rangka mengisi liburan anak-anak kearah lebih positif sehingga terbentuk generasi penerus Islami yang mampu membendung segala tantangan, rintangan dan hambatan yang menghadang.

"Ajang yang bersifat rekreatif, informatif dan edukatif tersebut diharapkan dapat menambah pengetahuan dan wawasan generasi muda tentang ilmu keislaman. Bekal yang mereka terima tentunya menjadi cermin dalam menapaki kehidupan selanjutnya," ujar Indrawijaya.

Menurutnya, antusias para remaja dan anak-anak mengikuti kegiatan ini cukup tinggi sebab pada umumnya mereka tidak mempunyai aktivitas khusus di masa libur sekolah. Materi yang diberikan dalam kegiatan ini antara lain aqidah, fikih, akhlak dan syariat ibadah.

"Ganis merupakan ajang untuk menggali dan mengembangkan bakat serta kreativitas para peserta. Dalam setiap kesempatan para peserta diberikan kebebasan untuk mengeluarkan pendapat, kemampuan dan keahlian yang dimiliki agar potensi yang dimiliki dapat lebih berkembang," katanya.

Dalam kegiatan ini digelar pula berbagai jenis perlombaan untuk memacu motivasi anak. Sebut saja lomba MTQ, adzan, ceramah, baca puisi keislaman, kaligrafi, cerdas cermat agama, malam kreasi seni Islami hingga hasta karya.

Dengan adanya Ganis, lanjut Indrawijaya, para peserta selain memahami materi yang ada dapat pula mengembangkan kemampuan yang terpendem selama ini. Pengembangan ini nantinya akan diarahkan lebih lanjut agar tumbuh menjadi lebih matang.

Dalam kesempatan tersebut hadir pula anggota kepolisisn yang sengaja diundang untuk memberikan penjelasan tentang narkoba dan bahayanya bagi kehidupan. upaya ini mendapat respon posistif dari para peserta dengan terciptanya dialog secara terbuka antara petugas polisi dan mereka.

"Pengetahuan tentang narkoba sangat diperlukan generasi muda karena perkembangannya sudah semakin meluas," tandasnya. "NA" Surat Kabar Mitra DIalog, Sabtu-senin; 22-24 Juli 2000

Tidak ada komentar:

Posting Komentar